Rudolf Dethu
By: Rudolf Dethu
July 1, 2017

Suara Pojok Kampus: Be Young, Be Dangerous, Be Responsible

Suara Pojok Kampus pada 19 Mei 2107 yang bertajuk “Be Young, Be Dangerous, Be Responsible” kali ini pihak penyelenggara banyak diuntungkan dari sisi para narasumber yang mengisi acara yang cukup dikenal oleh publik dan bekerjasama dengan organisasi mahasiswa kampus ternama. Hal ini membuat kemudahan menghadirkan berbagai elemen muda dari aktivis, pelajar hingga mahasiswa. Tidak ada waktu yang terulur karena tepat pada waktunya lokasi acara sudah dipenuhi oleh para peserta

Diselenggarakan di Cup-Link Coffee and Tea, Lebak Bulus; sesi diskusi dimulai dengan pemaparan materi dari Rofi Uddarojat dari Suara Kebebasan tentang ide-ide kebebasan dan kontekstualisasinya di kehidupan masyarakat sekarang. Pemaparan selanjutnya disajikan oleh Cania Citta Irlanie, seorang penggiat dari Geo Live yaitu platform online yang membahas diskursus keadaan sosial di sekitar. Beliau memaparkan secara santai mengenai pentingnya memiliki kebebasan bagi anak muda yang diiringi dengan tanggung jawab penuh pada lingkungan sekitar sebagai konsekuensinya. Acara semakin meriah dengan dimoderatori oleh Rivaldy Dochmie yang merupakan mahasisiwa filsafat dan pengurus Liberty Studies. Dengan gaya moderator yang baik dan atraktif, diskusi semakin meriah dengan dialog interaktif dengan para peserta. Ada sekitar 5 penanya dengan berbagai tanggapan dan pertanyaan membuktikan begitu antusiasnya para peserta dengan tema diskusi yang dibawakan pada hari itu.

Dari dialog-dialog tersebut seluruh peserta dan pemateri dapat disimpulkan bahwa kita sebagai generasi muda harus paham bahwa selain pentingnya memiliki kebebasan perlu juga tanggung jawab atas kebebasan itu sendiri. Membangun penghormatan terhadap kebebasan orang lain menjadi kunci. Pesan-pesan kepemudaan dengan tidak mengganggu kebebasan orang lain juga disampaikan agar tumbuh rasa tanggung jawab di lingkungan sekitar.

Bila tidak dibatasi oleh waktu, sepertinya diskusi akan berlanjut sampai larut malam. Acara ditutup dengan musik merdu yang dibawakan oleh Brown. Tidak lupa juga, selama berlangsungnya acara konten-kontennya disiarkan langsung melalui media sosial Liberty Studies, Forum MBB, dan Cup-Link Cafe.

Comments