Forum MBB
By: Forum MBB
June 15, 2017

Kami Mendukung KPK!

Forum MBB mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi sepenuhnya serta turut melawan para tikus pengusung Hak Angket di DPR. Kami punya alasan yang sahih untuk membela KPK:

1. Kehadiran KPK selama 15 tahun (2003 – 2017) telah memberikan harapan bahwa semua orang sama di mata hukum.

2. KPK didirikan untuk menangani kejahatan korupsi yang sudah menjadi epidemic dan luar biasa dengan metode penanganan kejahatan kerah putih dan kewenangan yang serupa dengan yang dimiliki penegak hukum lainnya dan diatur dalam KUHAP. Namun, karena dasar pendirian KPK untuk mengatasi epidemic korupsi yang sudah sistematis, KPK diberi kewenangan khusus yang menjadi kelebihan KPK.

3. Metode penanganan kejahatan kerah putih dan kewenangan yang khusus itu termasuk di antaranya antara lain melakukan penyadapan di tahap penyelidikan, penyitaan tanpa penetapan izin pengadilan dan kewenangan KPK untuk memeriksa PN tanpa meminta ijin terlebih dahulu dari siapapun. Selain itu, KPK diperkuat oleh personel dari berbagai belahan ilmu dan berbagai latar belakang.

4. Selama 15 tahun, KPK membangun kepercayaan masyarakat dan menjadikan rakyat Indonesia serta Indonesia yang lebih baik sebagai satu-satunya alasan untuk melakukan berbagai tindakan sesuai hukum dengan segala risiko yang ada.

5. Sebagai hasilnya, dalam 15 tahun KPK total telah menangani 594 kasus dan sebanyak 319 di antaranya ada tindak pidana korupsi berupa penyuapan. (sumber ACCH, per 31 Maret 2017)

6. Kasus-kasus di KPK tersebut semua berasal dari pengaduan masyarakat ataupun laporan whistleblower dari masing-masing instansi itu. KPK maupun pelapor semua tanpa kepentingan terhadap individu atau lembaga tertentu. Semua karena menginginkan Indonesia yang bersih dan berubah.

7. Karenanya, bukan KPK yang membidik lembaga tertentu, tetapi laporan masyarakat yang meminta kepada KPK untuk bertindak.

8. Selama 15 tahun hadir di Indonesia, KPK telah menjadi pusat harapan masyarakat. Pusat harapan bahwa masih ada lembaga yang bekerja untuk masyarakat di tengah gelapnya penegakan hukum di Indonesia.

9. Masyarakat membutuhkan kepastian bahwa pemerintah ada buat melindung mereka. Kejahatan korupsi telah merampas hak mereka untuk mendapatkan hak kesehatan, hak pendidikan, hak mendapatkan keadilan, hak mendapatkan kepastian hukum, hak untuk hidup layak bahkan hak untuk merasakan hidup damai.

10. Pendekatan OTT dilakukan sebagai salah satu metode penanganan kejahatan kerah putih. Dengan kekuasaan yang dimiliki mereka dalam kejahatan kerah putih, pendekatan OTT dipilih sehingga mereka yang melakukan kejahatan tidak bisa berkelit lagi dengan barang bukti dari OTT dan didukung dengan rekaman percakapan.

11. Rekaman percakapan yang diperoleh melalui penyadapan adalah pendukung dalam upaya pembuktian bukan menjadi yang utama untuk dijadikan alasan menangkap seseorang.

12. Penyadapan tersebut dilakukan secara sah dan diaudit secara berkala. Penyadapan dilakukan dengan batas waktu tertentu dan disetujui pimpinan yang diperkuat dengan surat perintah penyadapan. Tidak ada penyadapan liar dan menarget seseorang atau dengan tujuan untuk menjatuhkan lembaga tertentu. Bahkan kewenangan penyadapan juga dimiliki oleh aparat penegak hukum lainnya seperti kepolisian dan kejaksaan.

13. Segala kewenanganan khusus yang dimiliki oleh KPK digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat. Karenanya, dalam survey CSIS tahun 2016, menempatkan KPK sebagai lembaga yang dinilai paling bertanggung jawab dalam memberantas korupsi dengan 88,2% (http://nasional.kompas.com/…/dibandingkan.parpol.tingkat.ke…)

14. Kepercayaan masyarakat yang tinggi itu tercermin dari tingginya jumlah pengaduan masyarakat ke KPK. Di tahun 2017 (Jan – Maret), jumlah pengaduan telah mencapai 1.651 pengaduan dari masyarakat. Bahkan pada tahun 2014, jumlah pengaduan mencapai 9.432 pengaduan. KPK menjadi sebuah harapan bahwa keadilan bisa diperoleh tanpa biaya.

15. KPK memberi kerja dan hasil nyata bagi Indonesia.

Comments