Forum MBB
By: Forum MBB
April 11, 2017

ARDIAN SYAF VS LOVE SPEECH

“Kreativitas” komikus Ardian Syaf yang memasukkan agenda pribadi ke lingkup kerjanya menjadi bumerang bagi karir profesionalnya. Tindakannya menyelipkan pesan soal aksi 212 serta Al Maidah dianggap bertentangan selain dengan etika profesi di Marvel pun ditengarai menyemburkan benih intoleransi−paling tidak menurut perspektif ipoleksosbud Marvel.

Barangkali di hari ini pun Ardian telah putus kontrak dengan studio komik gigantik yang bermarkas di New York tersebut. Cukup disayangkan.

Pula, ini membuat kita tersentak kembali bahwa ternyata media komik masih efektif untuk digunakan sebagai peranti propaganda, corong penggiring opini publik, alat penyebar pesan kebencian. Persis seperti di masa silam semisal Perang Dunia I dan II.

Nah, malam nanti jam 19.00 kami @forummbb bekerjasama dengan @libstudies dan @america kebetulan akan menyelenggarakan acara diskusi yang kontekstual dengan persoalan di atas. Selain menghadirkan komikus Doni Rodendo yang kreasi visualnya banyak menyorot isu toleransi, juga mengajak ahli komunikasi dan jurnalisme Ade Armando serta Chief Editor suarakebebasan.org Adinda Muchtar. Dalam bincang-bincang seru yang bertajuk Love Speech: Making Tolerance a Habit on Social Media ini bakal aktif dikupas soal hoax dan hate speech lalu bagaimana meresponsnya agar potensi robeknya kebinekaan bisa diantisipasi dengan cakap.

Acaranya bakal diadakan di @america, Pacific Place lantai tiga. Tak dipungut biaya dan terbuka untuk umum. Mulai jam 7 tepat.

Sampai jumpa! Salam merdeka menjadi bianglala!

#LoveSpeech
#MakingToleranceAHabitOnSocialMedia
#ForumMBB
#LibertyStudies

Comments