Rudolf Dethu
By: Rudolf Dethu
March 26, 2017

SUARA POJOK KAMPUS: BINEKA ITU KITA

Bineka Itu Kita menjadi acara kedua dari Suara Pojok Kampus yang rencananya bakal berlangsung 6 kali. Diselenggarakan di Co-op Space Universitas Parahyangan, Bandung, pada 24 Februari 2017 lalu Forum MBB dan Liberty Studies menggamit Koperasi Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Parahyangan (KKBM Unpar) dan Media Parahyangan sebagai partner kerja.

Tema diskusinya sendiri persoalan terkini seputar kondisi kebinekaan dan toleransi di Indonesia. Acara ini sengaja dikemas santai dan ringan agar peserta lebih bisa dengan mudah menyimak topik yang sejatinya serius. Fadly Noor dari Liberty Studies, Nadya Karima Melati yang merupakan seorang penulis serta aktivis isu gender dan seksualitas di forum Support Group and Resources Center on Sexuality Studies (SGRC), serta Kristiana Devina yang merupakan pimpinan redaksi Media Parahyangan dihadirkan sebagai pembicara.

Dalam perbincangan yang seru tersebut dikupas bagaimana pentingnya membangun toleransi untuk menghargai keragaman identitas individu di Indonesia untuk menangkal tindakan-tindakan lancung yang pekat bau SARA. Pula soal signifikannya peran pemuda dalam mengkampanyekan ide-ide kebebasan individu dan toleransi.

Diskusi hangat dan penuh semangat muda-berbuat-bertanggung jawab yang dihadiri oleh 35an orang ini ditutup dengan penampilan senandung merdu oleh Jon Kastella.

Ayo jaga Bhinneka Tunggal Ika! Sebab bineka dan muda itu kita!

Comments