Rudolf Dethu
By: Rudolf Dethu
January 9, 2016

KURSUS KILAT TEPO SELIRO DI PENANG, MALAYSIA

Plang pengumuman ini Forum MBB temukan sendiri saat Forum MBB berpelesir ke Penang, Malaysia, dalam rangka menyambut tahun baru 2016.

Malaysia ternyata lebih bijak dalam mempraktikkan toleransi. Di sebuah resto yang admin kunjungi tertera pengumuman yang intinya melarang kaum Muslim warga negara Malaysia untuk mengkonsumsi alkohol di tempat itu. Pengumuman semacam itu terpampang di seluruh resto & bar yang menjual minuman beralkohol di wilayah Penang.

Bagi Forum MBB, tepo seliro semacam inilah yang paling tepat diterapkan di masyarakat majemuk macam Indonesia. Yang mengkonsumsi minuman beralkohol silakan mengkonsumsinya, itu pilihan masing-masing. Asal yang Muslim tak mengkonsumsinya. Bukannya—sekadar menyebut contoh—saat bulan puasa, eh, malah memaksa warung-warung makan untuk tutup untuk menghormati orang yang berpuasa.

Pun admin pernah berada di Kuala Lumpur saat bulan Ramadhan, dan admin menyaksikan sendiri bagaimana kedai-kedai tetap buka seperti biasa. Tiada kesan represif yang muncul. Kalau di Indonesia kan justru yang muncul adalah kesan menegangkan saat bulan Ramadhan. Kerap terjadi sweeping. Merasa rikuh bahkan takut ketika hendak makan di wilayah publik.

Mari kita segarkan kembali kesepakatan bahwa setiap insan di negara ini punya hak setara. Mayoritas mau pun minoritas, laki, perempuan, tua, muda, punya hak sama dan sebangun. Pemaksaan kehendak itu melanggar persetujuan demokrasi, sistem politik yang dipilih oleh Bapak Bangsa negeri ini.

Jaya Bhinneka Tunggal Ika!

Comments