Rudolf Dethu
By: Rudolf Dethu
August 5, 2015

MBB Ngabuburit & Akustikan

Acara peluncuran situs web forum kebinekaan MBB — Muda Berbuat Bertanggung Jawab, forumMBB.org, sukses digelar beberapa pekan silam, 25 Juni 2015, di Rumah Sanur – Creative Hub, Denpasar, Bali.

Ajang penyadaran kembali tentang pentingnya menghargai kebinekaan tersebut—yang sejatinya cukup “berat” dan membutuhkan nalar yang jernih untuk memahaminya secara utuh—berhasil menggaet perhatian publik muda akibat kemasan yang dibuat agak pop. Tak cuma melulu berisikan introduksi tentang situs web saja, tapi juga dibarengi dengan talk show, pagelaran musik akustik, serta aksi DJ.

SDHL-01
Talkshow “Muda dan Merdeka: Menjadi Jawa, Menjadi Arab, Menjadi Indonesia”. | Foto: Seni di Hari Libur

Ratusan penonton yang menjejali tempat acara tampak antusias mengikuti jalannya acara yang diawali dengan diskusi bertajuk “Muda dan Merdeka: Menjadi Jawa, Menjadi Arab, Menjadi Indonesia”. Sesi yang melibatkan penyanyi Glenn Fredly, seniwati Ayu Laksmi, biduan sekaligus aktivis lingkungan Robi Navicula, dan budayawan Sugi Lanus, dan saya sebagai moderator, membahas soal kegamangan anak muda mencari jati diri keindonesiaannya itu disimak dengan tekun oleh audiens serta sesekali dihadiahi tepuk tangan saat muncul kalimat motivasional dari para nara sumber.

Setelah diskusi dilanjutkan dengan acara utama yaitu memperkenalkan situs web forumMBB.org. Saya, sebagai penggagas Forum MBB, menerangkan soal latar belakang lahirnya forum pluralisme bahwa fondasi kebinekaan di Nusantara sedang terancam. Forum MBB ini adalah salah satu cara yang ditawarkan untuk mempertahankan dan memperkuat pluralisme yang sedang digerogoti dan mulai agak goyah itu.

SDHL-02
Rudolf Dethu memperkenalkan situs web forumMBB.org | Foto: Seni di Hari Libur

Pasca acara yang cukup serius, segera disambung dengan sesi bersenandung dengan menampilkan musisi-musisi lokal Bali berbakat cemerlang yaitu Nosstress, lalu NYMPHEA, diselingi oleh Glenn Fredly tampil solo yang kemudian berbagi panggung dengan Navicula. Koor-koor dadakan muncul di sana-sini sejak band pertama tampil. Pun ajakan-ajakan untuk selalu menjunjung pluralisme, terus menghormati tinggi Bhinneka Tunggal Ika, sesekali diserukan oleh penampil.

Nosstress
NOSSTRESS. | Foto: Teddy Drew

Nymphea
NYMPHEA. | Foto: Teddy Drew

SDHL-05
GLENN FREDLY. | Foto: Seni di Hari Libur

Navicula
NAVICULA. | Foto: Teddy Drew

Acara kemudian ditutup oleh duo DJ yang berbeda aliran, Soundbwoy Dodix yang mengarah ke Jamaican chunes dengan DJ Electrondust yang asik menggeber rupa-rupa electronic music.

Dodix
SOUNDBWOY DODIX. | Foto: Teddy Drew

Marlowe
DJ ELECTRONDUST. | Foto: Teddy Drew

Sampai jumpa di acara MBB ke berikutnya. Teruslah merdeka menjadi bianglala!

• Facebook: Forum MBB | Twitter: @forumMBB

RUDOLF DETHU
Pendiri Forum MBB

_____________

Foto-foto lainnya:

• Featured image: Slamet Melda.

Comments