Rudolf Dethu
By: Rudolf Dethu
August 25, 2015

INDONESIA MAHARDDHIKA — BHINEKA PUSPAWARNA

Salah satu bentuk penghargaan, rasa bersyukur, sekaligus bangga menjadi Indonesia dapat diungkapkan lewat bermusik. Ekspresi kecintaan tersebut ditunjukkan secara lugas oleh sebuah album bertajuk Indonesia Maharddhika.

Indonesia Maharddhika (IM) sendiri merupakan salah satu tembang yang terdapat di dalam album Guruh Gypsy yang diotaki oleh Guruh Sukarno Putra. Indonesia Maharddhika kemudian digunakan sebagai projek musik demi mewujudkan nyata rasa mengashi segala apa warna Nusantara.

“Sejarah, budaya, sastra, pola pikir Indonesia, Jawa, Bali, Bahasa Kawi, filsafat-filsafat, Sinom, Macapat, Megatruh, Ronggo Warsito, sandi-sandi, eksperimen, saya terjemahkan semua itu dalam satu komposisi baru lewat musik.”

Pernyataan Guruh soal album Guruh Gypsy di tahun 70an tersebut juga sedikit banyak diterapkan di album IM. Memang, jika disimak baik-baik, IM yang dominan bertaburan lagu-lagu bergenre mencampur baur beragam sensasi yang pekat cengkok Nusantara. Coba simak video teaser yang mereka lepas ke publik di bawah dan rasakan sendiri.

Yang juga menarik adalah apa yang mereka lakukan saat menyambut HUT Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia: mencipta stiker elektronik dengan mencantoli makna-makna yang lebih lebar pada kata “Merdeka”. Salah satunya pas benar dengan perspektif MBB: Merdeka itu Bhineka Puspawarna.

Merdeka-BhinekaPuspawarna

Lihat juga makna-makna merdeka lainnya menurut versi mereka yang kurang lebih masih sepemikiran, sekoridor dengan perspektif MBB.

Merdeka-MandiriSetara

Merdeka-SukacitaBerkarya

Merdeka-MewujudkanGagasan

Merdeka-KerjaKeras&Cerdas

Merdeka-KaryaHebat

Merdeka-KaryaBesarAnakBangsa

Merdeka-IsiHariPrestasi

Merdeka-HangatBersahabat

Merdeka-BerjuangMenang

Merdeka-BeraniBernurani

Merdeka-BabakBaruMaju

Nah, sekarang, kamu berani punya makna baru tentang merdeka?

Salam merdeka dan bineka!

Merdeka-WarnaBaru

Comments